Wednesday, September 7, 2016

Kirim Uang ke Tanah Air dengan Mudah

Merantau ke luar negeri, baik belajar maupun bekerja, meninggalkan keluarga di tanah air. Demi memperbaiki nasib, kita berjuang di negeri orang, berhadapan dengan budaya, iklim, dan tipe orang yang berbeda. Pada umumnya (paling tidak kebanyakan orang-orang yang saya kenal) belajar di luar negeri didanai oleh beasiswa, baik oleh pihak dari Indonesia (LPDP, DIKTI, dan sebagainya) atau pihak dari negara tempat kita belajar.

Tentunya sebagai generasi muda penerus bangsa, tidak jarang kita ingin menyisihkan sebagian uang kita untuk menabung atau berbakti pada keluarga/kerabat di Indonesia. Sama halnya seperti kebiasaan banyak orang untuk mengirimkan gaji pertama ke orang tua, dana beasiswa pun bisa disisihkan untuk itu. Untuk itu, kita perlu melakukan transfer uang dari rekening bank sini (baca: luar negeri) ke rekening tujuan di Indonesia, baik itu rekening pribadi untuk menabung, maupun rekening anggota keluarga yang mau dikirimkan uang.

Namun, transfer uang dari negara ke negara lain bukanlah perkara sederhana. Pertama, waktu yang diperlukan tidaklah sedikit karena banyaknya proses administrasi yang harus dilalui. Terkadang akan memakan waktu sampai 2 minggu agar uang yang kita kirim ke Indonesia sampai. Kedua, biaya yang dikenakan untuk mengirim uang tidaklah sedikit. Saya beri ilustrasi dengan percobaan saya mengirim uang ke rekening saya di Indonesia dari suatu bank di Swedia berikut:  



Untuk mengirim 1000 Swedish Krona (sekitar 1.5 juta sekian rupiah), diperlukan 275 Swedish krona (sekitar 450 ribu rupiah). Hal ini membuat saya berpikir 2-3-4 kali sebelum mentransfer uang ke Indonesia. Jadi gimana dong? Baru-baru ini, saya menemukan solusinya. Solusinya adalah gunakan Transferwise.

Apa itu Transferwise?
Menurut wikipedia: 
"TransferWise is an peer-to-peer money transfer service launched in January 2011 by Kristo Käärmann and Taavet Hinrikus. It is headquartered in London and has offices in Tallinn and New York."

Transferwise adalah perusahaan yang bergerak di jasa pengiriman uang. Salah satu pendirinya, Taavet Hinrikus, merupakan pegawai pertama Skype (itu loh, yang buat video call). Yang membuat transferwise lebih unggul (katanya bisa 8x lebih murah daripada transfer uang internasional antar bank) adalah sistem yang beliau ciptakan. Sederhananya, Transferwise punya banyak rekening bank di berbagai negara. Jika ingin mengirim uang ke negara X, kita tinggal mengirim uang ke rekening Transferwise di negara asal kita, lalu Transferwise akan mengirim uang dengan jumlah yang (kurang lebih) sama, ke rekening tujuan kita di negara X.

Transferwise dapat digunakan untuk mengirim uang ke-dan-dari negara-negara berikut:
1. Negara-negara eropa bermata uang Euro (Jerman, Belanda, dll)
2. United Kingdom 
3. Amerika Serikat
4. Australia
5. Hungaria
6. India
7. Poland
8. Swiss
9. Afrika Selatan
10. Korea Selatan
11. Swedia
12. Denmark
13. Norwegia
14. Kanada
15. Jepang
16. Republik Ceko
17. Bulgaria
18. Singapore
19. Meksiko
20. Sri Lanka
21. Selandia Baru
22. Hongkong
23. Georgia
24. Romania
25. Kolombia
26. Malaysia
27. Filipina
28. Brazil
29. Rusia
30. Bangladesh
31. Pakistan
32. Moroko
33. Cina
34. Thailand
35. United Arab Emirates
36. Ukraina
37. Indonesia
38. Turki
39. Vietnam

 Berikut skema cara kerjanya.

(dari wikipedia)

Contohnya saya mau transfer uang ke rekening pribadi saya di Indonesia dari Swedia:
1.Saya tinggal daftar, isi form dan lain-lain, 
2.Lalu bayar jumlah uang yang mau saya transfer (tambah biaya jasa) ke rekeningnya Transferwise di Swedia,
3.Transferwise akan mengirim uang tersebut dari rekening mereka di Indonesia ke rekening bank yang saya tuju tadi.

Segimana murah sih?
Nih perbandingannya:

Saya Cuma butuh 14.78 Swedish Krona (sekitar 20-sekian ribu rupiah)

Tapi aman gak?

Berdasarkan website Transferwise:
Without the tightest of security, there is no TransferWise. It’s as important to us as it is to you”
Mereka menggunakan bank dan partner dari seluruh dunia, mempunyai tim khusus untuk menjaga keamanan transaksi kita. Semua transaksi dilindungi enkripsi HTTPS standar industry. Dan Transferwise sudah diregulasi dan dikenal di berbagai belahan dunia.
Prosesnya ribet gak?
Cukup simpel. Pertama daftar kamu akan diminta mengisi form data diri standar, lalu kamu harus meng-upload scan paspormu untuk verifikasi. Sesudahnya tinggal ikuti langkah-langkahnya saja. Total waktu pengiriman 1-4 hari kerja.
But wait, there is more!
Kalau kamu daftar lewat link referral saya https://transferwise.com/u/muhammadb41 kamu bisa dapat transfer pertama gratis! Gunakan link tadi untuk daftar saja, sisanya bisa masuk lewat transferwise.com.
Selamat mencoba dan menikmati!
Detailnya tentang regulasi keamanan Transferwise ada di sini https://transferwise.com/help/article/1870573/security/security-and-regulatory-information 

1 comment:

  1. Saya nyoba download app transferwisenya... cuma saya g ada mata uang Filipina semuanya mata uang dr negara eropa, asia ya cm Jepang n Singapore. Ada saran? Saya masih ngotak ngatik n bingung

    ReplyDelete

Earth Brick and Stone: Workshop Frenzy